PlayDoh dari Pembersih Dinding jadi Mainan Anak dengan Segudang Manfaat

Updated: Jul 5, 2021




Tahu nggak sih mommies?? Mainan sejenis PlayDoh/Play Dough/FunDoh ternyata sudah ada sejak sejak 1930an loh. Mainan ini sejenis (seperti) plastisin mainan. Nah PlayDoh/Play Dough/FunDoh ini merupakan bentuk modern dan evolusi dari mainan tanah liat (a.k.a lempung) dan malam.


Tapi tahu nggak sih kalau ternyata, mainan ini pada awalnya terbuat dari bahan-bahan sisa dari perusahaan di Cincinnati Ohio, AS. Sebenarnya pada saat inisiasi produk ini diluncurkan, tujuannya sebagai pembersih wallpaper dari debu asap/arang hasil pembakaran batu bara/kayu. Sumber dari grid.id menyatakan pada jaman dulu, masyarakat disana masih pakai batubara/kayu sebagai pemanas ruangan.



Namun seiring dengan perkembangan waktu, setelah perang dunia II, Bahan tersebut terus dikembangkan, sehingga menjadi mainan anak-anak.





Nah, mainan PlayDoh/Play Dough/FunDoh ini, meskipun terlihat biasa aja, namun sebenernya, untuk anak-anak apalagi balita, manfaatnya luar biasa banget loh. Dengan bermain PlayDoh/Play Dough/FunDoh ini, selain pembelajaran, perkembangan skill secara motoric dan sensory juga dapat terasah

Berikut segudang manfaat dari bermain PlayDoh/Play Dough/FunDoh :


1) Mengasah skill motorik halus

Gerakan menekan, memotong, menggulung ataupun meratakan, dapat memperkuat otot tangan dan sekaligus hal ini dapat mengasah skil motoric halus balita.


2) Mempersiapkan balita belajar menulis

Untuk dapat menulis, jari tangan harus bisa menggenggam dan mengapit pensil dengan baik. Nah untuk mendapatkan hal itu, practicing/mempraktekkan kegiatan menjepit dengan jari dan menggenggang dapat dilakukan dengan bermain PlayDoh/Play Dough/FunDoh


3) Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Adanya PlayDoh/Play Dough/FunDoh yang mudah dibentuk, menjadikan balita bebas untuk berkreasi sesuai dengan imajinasi dan keinginan anak.


4) Meningkatkan kemampuan Bahasa dan literasi

Pada saat bermain PlayDoh/Play Dough/FunDoh adalah kesempatan yang baik untuk berkomunikasi dengan anak, mengajak berdiskusi, sekaligus mengenalkan beberapa kosakata baru yang berkaitan dengan Gerakan, seperti meremas, menggulung, memotong, menekan serta kosakata yang berhubungan dengan tekstur seperti lembut, keras, lengket, dan sebagainya. Untuk hal yang lebih advance bisa belajar angka dan alphabet melalui PlayDoh/Play Dough/FunDoh.



Bagaimana mommies? Ternyata bermain PlayDoh/Play Dough/FunDoh memang sangat luar biasa ya manfaatnya. Nah untuk resep homemade PlayDoh/Play Dough/FunDoh ala Play With Ai (cuma pakai 2 bahan aja) Ai bisa Klik disini ya.


0 comments

Recent Posts

See All